tag:blogger.com,1999:blog-72526445640270333172024-02-07T08:31:59.022-08:00Setitik CahayaAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.comBlogger58125tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-65881643078202192692012-01-31T00:57:00.000-08:002012-01-31T00:57:20.211-08:00HIASMU "MAZUL" Lemahbang: Syaih ZarruqHIASMU "MAZUL" Lemahbang: Syaih ZarruqAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-34127840728958129552012-01-30T19:43:00.000-08:002012-01-30T19:43:08.689-08:00Syaikh Ihsan Ulama' Dari Jampes KediriMengamalkan tareqat berarti berkekalan di
dalam melaksanakan ‘ubudiyyah kepada Allah,
secara zahir dan batin, dengan kesempurnaan
komitmen (iltizam) mengikuti as-Sunnah, dan
menjauhkan segala bid’ah dan segala
kelonggaran (rukhsah), pada setiap gerak dan
diam.
Jalan kita ialah dengan menuruti jejak langkah
baginda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa
sallam dan para sahabat. Aku telah dibawakan
ke Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-41175460755762625162012-01-26T01:47:00.000-08:002012-01-26T01:47:26.315-08:00An-NifariPengelana Sufi dari Iraq
Sufi besar ini lahir di Iraq. Ketinggiannya
ilmunya melampaui Rumi dan al Hallaj. Ia
adalah teoritikus sufi sekaligus sastrawan
besar. Nama mistikus an-Nifary mungkin agak
asing ditelinga kita.Tidak seperti al Bustami
maupun al Hallaj, ia seakan kurang begitu
terdengar. Padahal di mata ahli tasawuf
pandangan-pandangan sufistiknya sangat
berpengaruh. Para sufi sesudahnya Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-18100121579381651852012-01-26T01:43:00.003-08:002012-01-26T02:05:29.264-08:00Uwais Al-QaraniMeraup Hikmah Sang Nafas ar-
Rahmandari dari Yaman
Nama Uwais al-Qarani memainkan peranan
penting dalam biografi mistikal nabi.
“Sesungguhnya aku merasakan nafas ar-
Rahman, nafas dari Yang Maha Pengasih,
mengalir
kepadaku dari Yaman!” Demikian sabda Nabi
SAW tentang diri Uwais, yang kemudian dalam
tradisi tasawuf menjadi contoh bagi mereka
yang memasuki tasawuf tanpa dituntun oleh
sang guru yangAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-37316395684493592172012-01-26T01:33:00.001-08:002012-01-26T01:50:25.522-08:00Ulama Karismatik KH. Muhammad DimyatiKH Muhammad Dimyati atau dikenal dengan
Abuya Dimyati adalah sosok yang kharismatis.
Beliau dikenal sebagai pengamal tarekat
Syadziliyah dan melahirkan banyak santri
berkelas. Mbah Dim begitu orang memangilnya.
Nama lengkapnya
Muhammad Dimyati bin Syaikh Muhammad
Amin. Dikenal sebagai ulama yang sangat
kharismatik. Muridnya ribuan dan tersebar
hingga mancanegara.
Abuya dimyati orang Jakarta biasaAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-15245904869572796622012-01-25T05:56:00.000-08:002012-01-25T05:56:50.070-08:00KH. Abdul HamidSemua Orang Merasa Paling Disayang
KH. Abdul hamid Lahir pada tahun 1333 H, di
Desa Sumber Girang, Lasem, Rembang, Jawa
Tengah.Wafat 25 Desember 1985.
Pendidikan: Pesantren Talangsari, ]ember;
Pesantren Kasingan, Rembang, Jateng;
Pesantren Termas, Pacitan, Jatim. Pengabdian:
pengasuh Pesantren Salafiyah, Pasuruan ANGIN
bergerak perlahan. Hening. Jam menunjuk pukul
01.00 lebih. Warga Pesantren Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-10698132672273118812012-01-25T05:50:00.001-08:002012-01-25T06:49:45.027-08:00Syaih Syamsudin SumatraniSufi Legendaris dari Nangroe Aceh
Sejak lama Aceh telah dikenal sebagai satu-
satunya daerah yang aksentuasi keislamannya
paling menonjol. Selain menonjolnya warna
keislaman dalam kehidupan sosio-kultur di
sana, ternyata di Serambi Mekah ini pernah
tersimpan pula sejumlah Sufi ternama semisal
Samsuddin Sumatrani.
Syamsuddin Sumatrani adalah salah satu tokoh
sufi terkemuka yang telah turut Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-4212600981070011202012-01-17T08:16:00.000-08:002012-01-17T08:16:58.063-08:00Nasehat Syaih Bahauddin AnnaqsabandyMengamalkan tareqat berarti berkekalan di
dalam melaksanakan ‘ubudiyyah kepada Allah,
secara zahir dan batin, dengan kesempurnaan
komitmen (iltizam) mengikuti as-Sunnah, dan
menjauhkan segala bid’ah dan segala
kelonggaran (rukhsah), pada setiap gerak dan
diam.
Jalan kita ialah dengan menuruti jejak langkah
baginda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa
sallam dan para sahabat. Aku telah dibawakan
ke Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-51962064967116017022012-01-17T08:12:00.003-08:002012-01-30T19:45:12.288-08:00Syaih ZarruqSyeikh Zarruq Ulama Sufi yang
Cemerlang dari Fes
Namanya Abul Abbas Ahmad bin Ahmad bin
Muhammad bin Isa. Ia bernasab dengan kabilah
Baranis dari Fes, Marokko, yang kemudian
dinasabkan dengan Al-Burnusy. Panggilannya
adalah Zarruq, dipanggil demikian karena
kakeknya bermata biru.
Syeikh Zarruq dilahirkan hari Kamis ketika
matahari terbit, 28 Muharram tahun 846 H,
atau 1442 Masehi. Demikian Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-88272632687395130472012-01-17T07:53:00.000-08:002012-01-17T07:53:44.030-08:00Biografi Pangeran Sufi Al Junaid Al BagdadiDalam kitab Tadzkiratul Auliya, Syeikh
Fariduddin ‘Aththar menjelaskan, bahwa
Syeikh Abul Qasim Al-Junayd ibnu Muhammad
al-Zujaj (Junayd al-Baghdadi) adalah putera
dari seorang pedagang barang pecah belah
(kaca) dari Nahawand dan keponakan Sarri as-
Saqathi, Ia juga dekat dengan Al-Muhasibi.
Beliau lahir dan besar di Irak.
Abul Qasim Al-Junayd merupakan tokoh paling
terkemuka dari mazhab Tasawuf,Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-67071975542941442442012-01-17T07:49:00.001-08:002012-01-17T08:03:57.207-08:00KH. Nahrowi Dalhar ( wali dr Gunung Pring )Kiai Haji Nahrowi
Dalhar
Kiai Haji Nahrowi Dalhar
atau Mbah Dalhar dikenal
sebagai ulama yang
mumpuni. Belum lama ini
sosok Kiai Ahmad Abdul
Haq meninggal dunia. Kiai
kharismatik ini adalah
putra dari kiai Dalhar
yang juga dikenal sebagai
salah satu wali
yang masyhur di tanah Jawa. Mbah Dalhar
begitu panggilan akrabnya adalah mursyid
tarekat Syadziliyah dan dikenal sebagai
seorang yang wara’ dan Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-88514667319841612932012-01-17T07:22:00.000-08:002012-01-17T07:22:07.236-08:00Syaih Abdul Malik Sesepuh Thoriqoh Naqsabandi Kholidyah ditanah jawaIa adalah sosok ulama
yang cukup di segani di
Banyumas Jawa Tengah.
Syaikh Abdul Malik
semasa hidupnya
memegang dua thariqah
besar (sebagai mursyid)
yaitu: Thariqah An-
Naqsabandiyah Al-
Khalidiyah dan Thariqah
Asy-Syadziliyah
Asy-Syaikh Abdul Malik lahir di Kedung Paruk,
Purwokerto, pada hari Jum’at 3 Rajab 1294 H
(1881). Nama kecilnya adalah Muhammad
Ash’ad sedang nama Abdul Malik diperoleh
Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-36473823913247324732012-01-17T07:02:00.000-08:002012-01-17T07:02:06.274-08:00Hakikat Basmalah IIMenurut Ibnu Araby dalam Kitab Tafsir
Tasawufnya, "Tafsirul Qur'anil Karim"
menegaskan, bahwa dengan (menyebut) Asma
Allah, berarti Asma-asma Allah Ta’ala
diproyeksikan yang menunjukkan
keistimewaan-nya, yang berada di atas Sifat-
sifat dan Dzat Allah Ta'ala. Sedangkan wujud
Asma itu sendiri
menunjukkan arah-Nya, sementara kenyataan
Asma itu menunjukkan Ketunggalan-Nya.
Allah itu sendiri Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-13062378424861429872012-01-17T05:00:00.001-08:002012-01-17T06:51:07.065-08:00Hakikat Basmalah IDalam suatu hadits Nabi saw. Beliau bersabda,
Setiap kandungan dalam seluruh kitab-kitab
Allah diturunkan, semuanya ada di dalam Al-
Qur'an. Dan seluruh kandungan Al-Qur'an ada
di datam Al-Fatihah.
Dan semua yang ada dalam Al-Fatihah ada di
dalam Bismillnahirrahmaanirrahiim. Bahkan
disebutkan dalam hadits lain,"setiap kandungan
yang ada dalam Bismillahirrahmaanirrahiim ada
di dalam huruf Baa', Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-17060781474146283682011-11-20T10:52:00.000-08:002011-11-21T02:05:37.541-08:00Dua TiraiSyekh Ibnu Athoillah as-Sakandary.
“Tirai itu terbagi dua; Tirai dari maksiat, dan
tirai di dalam maksiat. Umumnya orang
mencari tirai dari Allah Ta’ala, agar tertirai
di dalam
maksiat, karena takut martabatnya jatuh di
mata publik. Sedangkan kalangan khusus
mencari tirai dari maksiat, karena takut bila
gugur dari pandangan Sang Maha Diraja Al-
Haq.”
Orang yang bermaksiat kebanyakan ingin
Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-89307386894990620552011-11-20T10:48:00.000-08:002011-11-20T10:50:06.740-08:00Ragam DzikirIbnu Athaillah As SakandaryDzikir itu bermacam-macam. Sedangkan YangDidzikir hanyalah Satu, dan tidak terbatas. Ahlidzikir adalah kekasih-kekasih Allah. Maka darisegi kedisiplinan terbagi menjadi tiga:Dzikir JalyDzikir KhafyDzikir HaqiqiDzikir Jaly (bersuara), dilakukanoleh para pemula, yaitu Dzikir Lisan yangmengapresiasikan syukur, puhjian,pebngagungan nikmat serta menjaga janji dankebajikannyaAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-23614443574991835302011-11-20T10:46:00.000-08:002011-11-20T10:48:17.202-08:00Keutamaan Dzikir "Allohu Akbar"Ibnu Athaillah As SakandaryBegitu pula "Allahu akbar", yang di dalamnyaada lima perspektif :Pertama: Dalam "Allahu Akbar" adapenyebutan Allah Ta'ala pada diriNya Sendiri,pentauhidan, pengagungan dan penghormatanataskeagunganNya, yang lebih agung dan lebih besardibanding penyebutan makhlukNya yang lemah,sangat butuh, dan pentauhidan makhlukkepadaNya. Karena Allah swt-lah Yang MahaMencukupi dan Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-20303338457353875432011-11-20T10:42:00.000-08:002011-11-20T10:45:48.658-08:00Perilaku Manusia Dalam Dzikir TauhidIbnu Athaillah As SakandaryManusia terbagi menjadi tiga kelompok dalambertauhid dan berdzikir :Kelompok pertama, adalah kalangan umum,yaitu kalangan pemula. Maka tauhidnya adalahbersifat lisan (oratif) belaka, baik dalamungkapan, wacana, akidahnya,dan keikhlasan, melalui Cahaya SyahadatTauhid, " Laa Ilaaha Illallah MuhamadurRasululullah". Ini diklasifikasikan tahap Islam.Kelompok kedua, kalangan Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-83607770100784431002011-11-20T10:41:00.000-08:002011-11-20T10:42:41.407-08:00Bukti KewalianMaha Suci Allah Dzat yang tidak menjadikanbukti atas para waliNya, kecuali bukti itumengarah padanya (karakteristiknya), dan Allahswt tidak menyambungkan pada mereka(mengenalkan pada mereka) kecuali pada orangyang dikehendaki untuk sambung kepadaNya.Ibnu Athaillah as-Sakandary dalam memasukiungkapan hikmah ini diawali dengan tasbihkepada Allah Swt, semata karena tiga faktor:Merasakan keagungan Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-55004989838080582902011-11-20T10:40:00.000-08:002011-11-20T10:41:09.793-08:00Respon Psikologi Terhadap PujianSyeikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandary"Orang-orang zuhud ketika dipuji, merekasedih, karena melihat pujian itu datangnya darimakhluk. Sedangkan orang-orang yang ’arifbillah ketika dipuji mereka bersukacita, sebabpujian itu hakikatnya dari Allah Sang MahaDiraja."Para a’rifun menyaksikan perbuatan makhlukitu dari segi wujud pemberlakukan Allah Swt.pada mereka. Karena itulah sang arifsenantiasa melihatAffa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-82269279476376725482011-11-20T10:34:00.000-08:002011-11-20T10:36:49.430-08:00Adab Bagi yang Tersingkap Alam Ghoib"Kadang-kadang Allah Swt memperlihatkanpadamu alam Malakutnya yang ghaib, dan(namun) Allah Swt menutup dirimu dari melihatrahasia-rahasia hambaNya."Diantara kasih sayang Allah Swt pada hamba-hambaNya, terkadang, Allah Swt membukarahasia-rahasia alam malakut pada si hambaitu, berupa rahasia ilmu pengetahuan dan detailkema’rifatan, sampai nyata betul, bahkananda pun meraih apa yang tak bisa Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-45992705624984921492011-11-20T06:56:00.000-08:002011-11-20T06:59:06.272-08:00Nafsu Nyata Nafsu TersembunyiSyeikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandary“Bagian nafsu dalam kemaksiatan itu jelasnyata. Sedangkan bagian nafsu di dalam ta’at,itu tersembunyi dan tidak nyata. Mengobatiyang tersembunyi itu sangat sulit terapinya.”Bahwa nafsu itu memiliki kecenderunganmaksiat dan melakukan tindak maksiat itusangat nyata dan jelas, karena naluri nafsumemang demikian. Namun ketika nafsumenyelinap di balik aktivitas taat,Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-88063577801935638052011-11-20T06:54:00.000-08:002011-11-20T06:56:18.245-08:00Gara-gara Nafsu"Tidak dikhawatirkan padamu manakala Jalanyang ada padamu begitu membingungkan. Tetapiyang dikawatirkan manakala hawa nafsumengalahkan dirimu”.Kenapa demikian? Menurut Syeikh Ahmad al-Hadhrawih ra, “Kebenaran itu sudah jelas,Jalan juga sudah lempang, dan pendakwah telahmemperdengarkan, apalagi yang masihmembuat bingung, kecuali orang yang butamatahatinya?Bahkan Abu Utsman menegaskan, “Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-10799223696900094162011-11-20T06:51:00.000-08:002011-11-20T06:53:53.659-08:00Kenapa Kau Tuntut Tuhanmu"Janganlah kau tuntut Tuhanmu karenatertundanya keinginanmu, tetapi tuntutlahdirimu sendiri karena engkau telah menundaadabmu kepada Allah.”Betapa banyak orang menuntut Allah, karenaselama ini ia merasa telah berbuat banyak,telah melakukan ibadah, telah berdoa danberjuang habis-habisan.Tuntutan demikian karena seseorang merasatelah berbuat, dan merasa perlu ganti rugi dariAllah Ta’ala. Padahal Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-7252644564027033317.post-81894194732103225972011-11-20T06:47:00.000-08:002011-11-20T06:49:41.950-08:00Wirid Lebih Utama Ketimbang PahalanyaSyeikh Ibnu ‘Athaillah As-SakandaryTidak ada yang meremehkan konsistensi wirid(ketaatan di setiap waktu) kecuali orang yangsangat bodoh, karena warid ( pahala wirid) ituakan di dapat di negeri akhirat, sedangkan taatatau wirid itu akan lenyap bersama lenyapnyadunia ini.Sedangkan yang lebih utama untukdiprioritaskan adalah yang wujudnya tidak bisadiabaikan. Wirid adalah HakNya yang harusanda Affa Rujail Majdzubhttp://www.blogger.com/profile/02606040516595282582noreply@blogger.com0